One Way System Akan Dilakukan Polres Banjarbaru Pada Puncak Haul Ke-15 Abah Guru Sekumpul

BANJARBARU – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banjarbaru telah menetapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan di kota Banjarbaru, saat Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul 29 Februari-1 Maret nanti. Perubahan arus lalu lintas yang paling disoroti terjadi di dua jalan besar yakni jalan Ahmad Yani dan jalan Mistar Cokrokusumo.

Kasatlantas Polres Banjarbaru AKP Gustaf Adolf Mamuaya mengakui dalam membuat rekayasa lalu lintas ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan relawan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul. Ia mengatakan untuk rekayasa lalin terbagi dalam beberapa sesi. Namun yang paling banyak mengalami perubahan yakni saat hari kedua perhelatan haul, Minggu 1 Maret 2020.

“Saat hari pertama pada Sabtu tanggal 29 Februari, kita masih berlakukan lalu lintas yang normal. Kita juga tidak melakukan penutupan jalur sedemikian rupa. Karena pengalaman tahun sebelumnya, di hari pertama haul tidak terlalu padat,” katanya.

Dalam hal ini, Satlantas Polres Banjarbaru akan menerapkan dan memberlakukan jalan satu arah (one way) di jalan Ahmad Yani saat kepulangan jemaah, pada Minggu malam. Sistem one way ini akan berlaku di sepanjang jalan Ahmad Yani dari bundaran simpang empat Banjarbaru sampai bundaran Bandara Syamsudin Noor di Kecamatan Landasan Ulin.

“Sistem one way ini kita berlakukan saat kepulangan jemaah pada Minggu malam, dari pukul 20.00 Wita sampai 24.00 Wita. Artinya jemaah yang keluar dari wilayah Sekumpul, bisa masuk ke jalan A Yani baik melalui jalur kiri maupun jalur kanan. Jadi, semuanya kita buang ke arah Banjarmasin,” jelas AKP Gustaf.

Hal yang sama juga diterapkan di jalan Mistar Cokrokusumo. Jamaah yang pulang ke arah Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru dapat masuk melalui Kelurahan Sungai Ulin dan masuk ke jalan Mistar Cokrokusumo.

Tidak hanya itu, Satlantas Polres Banjarbaru juga telah berkoordinasi dengan pihak relawan agar memasang stiker guna memudahkan parkir jemaah yang datang dari arah Hulu Sungai. Diimbau jemaah dari arah Hulu Sungai tidak memarkirkan kendaraan sebelum area Sekumpul, Kabupaten Banjar.

“Karena kalau sudah selesai, jemaah bisa langsung ke arah Hulu Sungai tidak masuk ke Banjarbaru. Tetapi kalau sudah parkir juga di Banjarbaru, maka terpaksa kita arahkan ke Km 17,” pungkas Kasatlantas.

Dalam pengaturan rekayasa lalu lintas ini, Satlantas Polres Banjabaru akan menurunkan seluruh personel. Namun, semuanya akan dibagi di hari sebelum atau sesudah haul. Terkecuali saat hari kedua, dimana seluruh personel akan dilibatkan. (RAN)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Informasi Berbasis IT SIHARAT, Kegiatan Polres, Kegiatan Polsek Jajaran, Pelayanan Prima Polres Banjarbaru, Tebar Pesona dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *