Polres Banjarbaru Dan Pemko Banjarbaru Berkomitmen Saat Ulang Tahun Ombudsman

Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso bersama Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani

BANJARBARU – Dalam rangka ulang tahun Ombudsman RI ke-20 dengan tema dua dekade ombudsman RI mengawal pelayanan publik, Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapresiasi sejumlah lembaga pemerintahan.

Apresiasi Ombudsman RI Perwakilan Kalsel bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kota Banjarmasin dilaksanakan di Plaza Smart City Siring Menara Pandang Jalan Piere Tendean Kota Banjarmasin, Selasa (10/03/2020).

“Mudah-mudahan apresiasi penghargaan ini dapat mendorong pelayanan publik pada instansi terkait agar lebih baik lagi, serta sebagai motivasi bagi instansi lain,” ucap Kepala Ombudsman RI Kalsel, Noorhalis Majid.

Dijelaskannya, dalam penilaian Ombudsman terdapat empat indikator utama yaitu berdasarkan jumlah laporan yang diterima Ombudsman, melakukan survei kepatuhan setiap tahun, dan melakukan misteri shopping dengan datang ke instansi tersebut berpura-pura sebagai pengguna layanan, serta datang secara langsung ke instansi itu untuk membuktikan inovasi yang dilakukan.

Polres Banjarbaru mendapatkan apresiasi dari Ombudsman RI Perwakilan Kalsel karena mampu berinovasi dalam pelayanan publik yaitu mengembangkan aplikasi SIHARAT+2.0 berbasis Android di Kota Banjarbaru.

Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso menjelaskan, aplikasi ini bukan hanya menerima aduan masyarakat terkait tindak kejahatan. Melainkan aduan masalah sosial seperti kebocoran ban dan sepeda motor mogok tetap direspon oleh anggotanya.

“Semua aduan selalu kita respon sesuai dengan kemampuan kami, dengan berkembangnya aplikasi SIHARAT menjadi SIHARAT+2.0 semoga lebih bermanfaat bagi masyarakat kedepannya,” ujar AKBP Doni Hadi Santoso.

Ditempat bersamaan, Pemerintah Kota Banjarbaru mendapatkan apresiasi dari Ombudsman RI Perwakilan Kalsel sebagai pelopor dari Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR.

Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani yang menerima secara langsung apresiasi ini mengucapkan terimakasih kepada Ombudsman RI Perwakilan Kalsel.

Dengan mendapatkan apresiasi pihaknya berharap Pemerintah Kota Banjarbaru semakin maju dan selalu semangat mengawal pelayanan publik dengan visinya pelayanan berkarakter.

“Terkait aplikasi SIHARAT+2.0, Pemko Banjarbaru terus bekerjasama dan berkomitmen bersama Polres Banjarbaru untuk saling mendukung dan membantu. Kita juga sudah sampaikan kepada Pak Kapolres Banjarbaru, kami akan memperbanyak CCTV yang ada di Kota Banjarbaru, sehingga dapat menunjang aplikasi SIHARAT+2.0 ini terus berkembang,” imbuhnya.

Adapun ke 10 instansi pemerintah tersebut adalah Kepolisian Daerah (Polda) Kalsel, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalsel, Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong, Disdukcapil Kabupaten Tapin, Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Badan Karantina Pertanahan Kelas I Banjarmasin, Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota Banjarmasin, Polres Banjarbaru, dan Pemerintah Kota Banjarbaru. (RAN)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Informasi Berbasis IT SIHARAT, Kegiatan Polres, Pelayanan Prima Polres Banjarbaru, Pengamanan Berbasis CCTV, Tebar Pesona dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *